Kunjungi 4 Satker, Kakanwil Beri Perhatian pada Pembenahan Aspek Pelayanan

1 17

SURAKARTA - Usia tidak menghalangi seseorang untuk mengabdi dengan semangat dan kerja keras. Tua-tua Keladi, Makin Tua Makin Jadi dalam konteks positif, memberikan gambaran yang hampir sama pada sosok Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dewa Putu Gede. Bayangkan saja dengan usia saat ini , 4 (empat) Unit Pelaksana Teknis (UPT) sukses digapai dalam 1 hari guna melihat dari dekat kinerja jajarannya, Jum'at (15/02).

Usai meninjau Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Surakarta di pagi hari, Dewa menjadikan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Surakarta sebagai sasaran kunjungan berikutnya. Di Satuan Kerja ini Dewa melakukan inspeksi terhadap pembenahan aspek-aspek pelayanan publik yang merupakan upaya pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

1 25

Fasilitas Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang masih manual mendapatkan perhatian khusus darinya.

"Biasanya kalau manual begini, penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan kita kurang objektif. Karena terlihat, mereka takut untuk memberikan penilaian negatif," ujarnya.

Dewa mengharapkan IKM yang tersedia dapat berbasis Teknologi Informasi, sehingga justifikasi lebih transparan dan akuntabel.

Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Wonogiri menjadi persinggahan ketiga. Di UPT yang dipimpin Sri Haryanto ini, kunjungan berlangsung singkat dan padat. Selain melihat kondisi Barang Sitaan (Basan) dan Barang Rampasan (Baran) yang ada, Dewa juga memberikan atensi untuk melakukan pengelolaan Basan dan Baran melalui aplikasi Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) sehingga lebih sistematis dan selalu update.

Belum juga terlihat lelah, Rutan Kelas II B Wonogiri menjadi sasaran terakhir Kakanwil dalam safarinya. Ini merupakan kunjungan keduanya di Tahun 2019. Di Satker paling selatan Jawa Tengah ini, Dewa seperti menikmati akhir maratonnya dengan melihat kebun jagung seluas 2 hektar yang dalam waktu dekat akan memasuki musim panen, kolam lele yang mulai memberikan hasil dan memantau progres pembangunan lapangan tembak.

Serupa dengan kunjungan terdahulu, Dewa kembali memberikan apresiasi atas upaya dan kinerja jajaran Rutan Wonogiri untuk merubah Satker ini menjadi lebih baik.

"Salut atas semua yang telah dilakukan, semoga ke depan Rutan Wonogiri semakin maju," puji Dewa Putu Gede.

1 4

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng GAYENG✊)


Cetak   E-mail