Kanwil Jateng Adakan Penguatan SPIP di Lapas Magelang

 spipt

MAGELANG - Kegiatan Penguatan dan Pendampingan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kembali diadakan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Jika pada tahun lalu dilakukan di Rutan Kelas IIB Wonogiri dan Lapas Kelas IIB Brebes (2 UPT ini dipenghujung tahun mendapat predikat WBK), maka untuk tahun 2020 ini kegiatan serupa diadakan di Lapas Kelas IIA Magelang. 

 

Yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan periode sebelumnya, kegiatan penguatan SPIP kali ini diikuti tidak saja dari pegawai satu UPT saja, namun juga diikuti dari perwakilan UPT Se Eks Karesidenan Kedu, khususnya Lapas/Rutan.

 

Kepala Divisi Administrasi, Novita Ilmaris, mewakili Kepala Kantor Wilayah, menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan yang diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Lapas Kelas IIA Magelang, Bambang Irawan, Senin (02/03). 2 (dua) orang dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dihadirkan sebagai narasumber kegiatan.

 

Saat menyampaikan sambutan, Novita mengharapkan seluruh peserta dapat berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dengan narasumber.

 

"Sampaikan segala permasalahan dan resiko sesuai kondisi sebenarnya.Nantinya hal tersebut akan dilakukan analisa dan dihasilkan suatu rumusan rencana tindak lanjut pengendalian bagi perbaikan instansi, " ujarnya.

 

Wanita 43 tahun ini menambahkan bahwa kegiatan SPIP masuk dalam target kinerja Kepala Kantor Wilayah.

 

"Ini harus segera dilaksanakan mengingat mepetnya waktu dengan pemenuhan target kinerja B03, " imbuhnya.

 

Sebagaimana diketahui, tujuan penyelenggaraan SPIP mencakup 4 hal yakni memberikan keyakinan memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, kehandalan dalam laporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

 

Sebagai informasi kegiatan penguatan SPIP pada UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah telah dimulai sejak tahun 2014. Sampai dengan saat ini tercatat 28 UPT telah menerima penguatan dan pendampingan.

 

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Kabag PH, Budhiarso W dan Kepala UPT Se Eks Karesidenan Kedu beserta jajaran yang mengikuti kegiatan sosialisasi SPIP di hari pertama. Rencananya kegiatan penguatan SPIP akan berlangsung hingga 6 Maret mendatang.

 

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng PASTI Gayeng)


Cetak   E-mail