Kemenkumham Akan Terima Barang Rampasan Negara Dari KPK

 pujan

Akan Digunakan Sebagai Kantor Rupbasan Surakarta

 

SURAKARTA - Persiapan penyerahan tanah dan bangunan atau Barang Milik Negara yang berlokasi di Jalan Sam Ratulangi No.16 Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta yang saat ini ditempati Kantor Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surakarta, dari Lembaga Anti Rasuah Indonesia atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Kementerian Hukum dan HAM RI, dilakukan hari ini (15/08) di Surakarta.

 

Kepala Kantor Wilayah, melalui Kepala Divisi Administrasi, Novita Ilmaris didampingi Kabag PH, Budhiarso Widhyarsono bersama Tim KPK yang diketuai Jaksa KPK, Suryo Sularso melakukan peninjauan pada gedung yang telah ditempati sejak bulan Januari lalu.

 

Gedung yang merupakan salah satu rumah sitaan negara dari terpidana kasus korupsi, status penggunaannya pada Kementerian Hukum dan HAM untuk Rupbasan Kelas I Surakarta telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 131/KM.6/2020 tentang Penetapan Status Penggunaan BMN yang berasal dari Barang Rampasan Negara pada Kementerian Hukum dan HAM yang selanjutnya akan difungsikan sebagai Rupbasan Kelas I Surakarta.

 pujan2

Kepala Divisi Administrasi menyebutkan jika konsep ruangan untuk berfungsinya gedung ini sebagai perkantoran perlu dipersiapkan secara matang.

 

"Harus dipersiapkan konsep ruangan-ruangan gedung ini terkait penggunaannya sebagai perkantoran, " tutur Kadivmin kepada Karupbasan Surakarta.

 

Selain itu agar dipersiapkan pula video yang menayangkan dari awal rumah disita, proses hukum hingga proses penggunaannya sebagai Rupbasan.

 

Bangunan ini sendiri sebelumnya terlihat sangat menyeramkan. Namun dengan sedikit sentuhan, bangunan yang tadinya terlihat usang karena lama tidak ditempati, disulap menjadi gedung representatif untuk digunakan.

 

Kegiatan penyerahan gedung dari KPK kepada Kemenkumham sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agusutus 2020 mendatang di Graha Kusuma Kelurahan Manahan, Surakarta.


Cetak   E-mail