Pengukuran IDI Sebagai Evaluasi Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia

 kadipv

SEMARANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Kabag Program dan Humas, Budhiarso W mengikuti kegiatan Rakor dan Evaluasi Indeks Demokrasi Indonesia Jawa Tengah, pada Kamis (26/11) di Aula Cendrawasih badan Kesbangpol Jateng. 

 

Dibuka oleh  PLH Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo yang menegaskan bahwa rakor ini bertujuan untuk meningkatkan capaian IDI.

 

"Pengukuran Indeks Demokrasi  menjadi pijakan dalam upaya evaluasi atas kinerja demokrasi di Indonesia." ujarnya.

 

"Berdasarkan data dari BPS, secara kumulatif capaian IDI  Jawa Tengah 2019 sebesar 77,22 poin (kategori sedang) dan mengalami peningkatan dibanding tahun 2018." lanjutnya lagi.

 kadipv2

Prasetyo juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi capaian IDI Jateng yaitu Aspek Kebebasan Sipil, Aspek Hak-Hak Politik dan Aspek Lembaga-Lembaga Demokrasi.

 

Dengan gambaran tersebut, melalui rakor ini diharapkan capaian IDI Jateng yang masih dalam kategori "sedang" terus dapat ditingkatkan kan dan capaian yang masih kurang baik untuk terus dipacu dan ditingkatkan.

 

"Segera lakukan koordinasi intensif ketika ada hal-hal yang dapat menurunkan capaian nilai IDI." pesannya.

 

Sebagai informasi Rakor dan Evaluasi IDI Jateng ini diikuti oleh Direktur Politik Dalam Negeri, perwakilan dari Bappeda, Tim ahli IDI, Akademisi serta kepala Kesbangpol Jateng.


Cetak   E-mail