Penguatan Pembangunan ZI dari Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi

IMG 20210402 192122 728

KEBUMEN- Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mendapatkan penguatan Pembangunan Zona Integritas dari Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho, Kamis (01/04).

Kegiatan yang dilakukan secara langsung dan virtual ini, dipusatkan di aula Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kebumen.

Kepala Kantor Wilayah melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan, Syafar Pudji Rochmadi menyambut gembira kedatangan putra daerah Kebumen itu.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kadiv Pas berharap kedatangan Sahli mempu mendongkrak semangat dan pengetahuan jajarannya mengenai Pembangunan Zona Integritas.

Syafar juga memberikan gambaran umum kondisi organisasinya. Berapa jumlah UPT di Jawa Tengah, berapa yang telah mendapatkan predikat WBK/WBBM, berapa UPT yang diusulkan dan target yang diusung Kanwil Kemenkumham Jateng di tahun ini.

"Sebagaimana arahan Bapak Kakanwil, bahwa di tahun 2021 target untuk meraih paling tidak separuh UPT dari 71 UPTnya dapat meraih predikat WBK dan WBBM," terangnya

"Yang perlu digarisbawahi bahwa target ini, bukan lagi tugas tambahan. Semua wajib melaksanakan Pembangunan Zona Integritas, meskipun sebenarnya hal ini telah dilakukan atau harusnya sudah dilakukan," sambungnya.

Selaras dengan hal itu, Sahli mengatakan, kewajiban Apatur Sipil Negara Kemenkumham bukan hanya tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, namun ada tugas mandatori.

"Jadi bukan hanya tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, tapi ada mandatori.
Kalau mandatori itu, kita melaksanakan tugas sebagai pegawai pemerintah, di mana kita digaji sebagai pegawai pemerintah. mandatori untuk dilaksanakan, bukan sebuah pilihan," tegasnya

Menurut Alumnus SMA 1 Kebumen itu, salah satu mandatori yang wajib dilaksanakan adalah Reformasi Birokrasi. Dimana, salah satu quick win pelaksanaan Reformasi Birokrasi adalah Pembangunan Zona Integritas.

"Tidak boleh ada satu pun yang membiarkan Satkernya tidak melakukan Pembangunan Zona Integritas, itu harga mati," katanya penuh penekanan.

Masuk ke materi, Nugroho mengungkapkan pentingnya mengubah mindset dan cultureset, agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas berjalan optimal.

Dalam pembahasan lainnya, Sahli bicara teknis untuk meraih predikat WBK/WBBM. Misalnya indikator yang harus dipenuhi, tujuan dan sasaran di tiap area perubahan, timeline penilaian Pembanguan ZI menuju WBK/WBBM oleh TPI.

Dia juga bicara tentang peran Kanwil Dalam Pembangunan ZI, catatan dan evaluasi penilaian ZI tahun 2020, dan strategi Pembangunan ZI Unit Kerja menuju WBK/WBBM.

Mengikuti secara langsung, para Kepala UPT dan perwakilan Kelompok Kerja Pembangunan ZI se Eks Karesidenan Kedu. Sementara UPT se Eks Karesidenan Banyumas mengikuti kegiatan via daring.

IMG 20210402 192122 890

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*PASTI WOW*

#JatengPastiProduktif
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail