Bahas Rencana Relokasi Lapas Ambarawa, Kakanwil Bertemu Bupati Semarang

 PicsArt 04 21 05.19.51

UNGARAN - Rencana revitalisasi Benteng Williem dan kondisi kurang layak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa sebagai tempat pembinaan, mendapatkan atensi tersendiri dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin. Menindaklanjuti hal tersebut, hari ini Kakanwil bertemu Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Rabu (21/04) di Kantor Pemkab Semarang guna membahas langkah-langkah rencana relokasi Lapas Ambarawa.

 

Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Syafar Pudji Rochmadi, Kepala Divisi Keimigrasian, Santosa dan Kalapas Ambarawa, Warsianto serta Kabag PH, Budhiarso Widhyarsono, kedatangan Kakanwil selain untuk silaturahmi juga mencari solusi agar Lapas Ambarawa dapat direlokasi.

 

Harapannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dapat membantu menyediakan tanah guna dijadikan sebagai tempat Lapas Ambarawa.

 

"Kami membutuhkan tanah paling tidak 3,5 sd 5 hektar untuk membangun Lapas baru. Saat ini kondisi Lapas kurang layak untuk pembinaan. Renovasi hanya bisa sedikit dilakukan namun tidak efektif, " ujarnya. Oleh karena itu berharap Pemerintah Daerah bisa membantu, " imbuhnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Semarang yang didampingi para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Semarang pada prinsipnya siap bekerja sama mengatasi permasalahan di Lapas Ambarawa.

 

"Terima Kasih atas silaturahmi Bapak Kakanwil dan rombongan. Untuk saat ini, tanah yang tersedia memang hanya 1,5 hektar. Namun ini akan kami diskusikan secara internal sekaligus mencari solusi agar tersedia tanah untuk digunakan membangun Lapas Ambarawa yang baru, " ujarnya. 

 

Bupati kemudian memberikan gambaran tanah yang ada dan cukup luas di Kabupaten Semarang seperti halnya tanah milik PTPN IX di daerah Bregas, Bawen dan sekitarnya.

 

Sebagai tindaklanjut pertemuan ini, akan dibentuk Tim Kecil yang terdiri dari Kanwil Jateng dan Pemkab Semarang guna menindaklanjuti rencana Relokasi Lapas Ambarawa terkait revitalisasi Benteng Williem. Selain itu dalam waktu dekat akan dilakukan kerja sama menyangkut tugas dan fungsi kedua belah pihak.

 

@kemenkumhamri

 

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*

*PASTI WOW*

*PASTI WBK*

 

#JatengPastiProduktif

#TetapDisiplinPakaiMasker

#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail