SDM Kunci Kemajuan Organisasi

IMG 20210506 131440 454

SEMARANG – Bertindak sebagai pembina Apel pada Kamis (06/05), Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti mewakili Pokja 3 untuk memberikan penguatan dan pemahaman mengenai Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Wanita yang akrab disapa Widya ini membuka paparannya dengan mencuplik sepatah kata dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly terkait SDM sebagai kunci utama kemajuan Lembaga dalam tubuh Kemenkumham.

“Saatnya mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, perilaku dan cara kerja ASN yang berorientasi pada kemajuan dan perkembangan zaman, up to date, based on information technology, dan mampu menjawab isu-isu strategis,” ucap Widya mengutip Yasonna.

Masuk ke dalam paparannya, ia mengulas enam indikator Penataan Sistem Manajemen SDM beserta dengan hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Isu utama di Kemenkumham adalah pengembangan kompetensi pegawai itu tidak hanya secara metode klasikal tapi kini sudah ada Corporate University artinya organisasi sebagai Lembaga pembelajaran,” ujar Widya saat membahas salah satu indikator yaitu Pembangunan Pegawai Berbasis Kompetensi.

Lebih lanjut ia menyebutkan berbagai macam metode pembelajaran dalam Corporate University seperti apel pagi, sharing informasi, transfer knowledge, community of practices, belajar mandiri, forum diskusi, coaching mentoring, dan banyak lagi.

Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) bukanlah perkara mudah, namun bagi Widya hal itu juga bukanlah perkara yang sulit dicapai apabila punya semangat dan komitmen yang sama dari seluruh pihak.

“Membangun Zona Integritas melibatkan tim yg besar dengan karakter masing-masing, artinya kita harus punya komitmen bahwa bersama-sama mencapai tujuan yg kita cita-citakan,” tuturnya.

“Kita harus punya rasa ingin tahu apa yang sedang kita kerjakan perjuangkan untuk WBK tidak hanya di Pokja masing masing tapi setidaknya kita juga tahu apa yang sedang dilaksanakan pokja lain. Kita harus punya peran dan berkontribusi sekecil apapun kita harus punya peran dalam perjuangan bersama-sama membangun Zona Integritas menuju WBK,” sambung Widya memberikan semangat.

Tampak Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham A. Yuspahruddin, Kepala Divisi Administrasi Jusman, dan Kepala Divisi Keimigrasian Santosa mengikuti apel pagi beserta dengan Pejabat Administrasi, Pejabat Fungsional dan para pegawai yang sedang melaksanakan tugas di kantor (WFO). Di lain tempat, pegawai yang sedang berkerja dari rumah (WFH) mengikuti apel secara daring.

IMG 20210506 131440 588

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail