Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Kokohkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Mewujudkan Indonesia Maju

IMG 20210601 161004 332

Kumham Jateng Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

SEMARANG – Terpusat dari Istana Kepresidenan Bogor, upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia secara virtual.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A. Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Administrasi Jusman, serta Kepala Bagian Program dan Humas Budhiarso W., mengikuti Upacara melalui streaming di Ruang Kerja Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Selasa (01/06).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka amanatnya dengan menegaskan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan,” ucap Jokowi.

Dengan adanya globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, Ia kemudian berpesan agar bangsa Indonesia untuk mewaspadai rivalitas antara pandangan, nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi-ideologi transnasional yang cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara serta strategi.

“Interaksi antar dunia akan semakin mudah dan cepat kemudian ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia dan ke seluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” tuturnya.

Maka dari itu Ia menyatakan bahwa dalam menghadapi permasalahan tersebut, dalam hal perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0.

Menutup amanatnya, Presiden Republik Indonesia mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum professional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini juga diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah di kediamannya masing-masing. Begitu pula seluruh pegawai mengikuti upacara melalui virtual dengan cara streaming di kanal yang menyiarkan upacara tersebut.

IMG 20210601 161004 445

KanwilJateng Komunikatif, Kompak dan Solid*

*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan 


Cetak   E-mail