Kemenkumham Jamin Proses Penerimaan Calon Taruna Poltekip/Poltekim Bebas KKN

 catar156

SEMARANG - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) penerimaan Calon Taruna/Taruni (Catar) Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Semarang, memasuki hari ke-7, Selasa (15/6).

 

Salah satu hal yang selalu menjadi fokus dari pelaksanaan seleksi ini ialah tidak adanya praktik Pungli kepada peserta SKD Catar. Untuk itu, panitia seleksi baik panitia pusat maupun panitia daerah selalu melancarkan aksi untuk mengantisipasi praktik percaloan dan pungutan kepada peserta. 

 

Aksi tersebut di proyeksikan saat Panitia Seleksi memberikan pengarahan kepada seluruh peserta. Kepala Bagian Pembinaan dan Penghargaan Biro Kepegawaian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Muslim Alibar bersama Kasubbag Kepegawaian TU dan Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti meminta agar seluruh peserta tidak mempercayai oknum yang memberikan tawaran lolos seleksi dengan memberikan sejumlah uang.

 

“Proses SKD ini dipastikan transparan dan tanpa dipungut biaya. Apabila ada oknum yang menjanjikan bisa membantu kelulusan dengan memberikan sejumlah uang, jangan percaya karena itu pasti penipuan.” Ujar Muslim.

 

“Kemenkumham mencari kader-kader yang berintegritas dan orang yang berintegritas tidak mungkin diseleksi dengan cara yang tidak baik contohnya pungli.”Lanjutnya.

 

Sebagai wujud konkret bahwa Pelaksanaan SKD Catar Poltekip & Poltekim di Wilayah Regional Jawa Tengah tidak ada praktek Pungli, tim humas Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah mencoba mewawancarai beberapa peserta yang hadir.

 

“Menurut saya, proses SKD ini tidak ada pungli dan pelaksanaannya sangat disiplin sudah sesuai peraturan yang ada.” Kata salah satu peserta, Fidela Ramadhania.

 

“Saya tidak menemukan praktik pungli dalam pelaksanaan SKD ini dan untuk kepanitiannya sudah sistematis dan jelas.” Kata Naulifar Adi Panggayuh.

 

Panitia menegaskan bahwa seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan seleksi penerimaan Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) 2021  tidak dipungut biaya. Sehingga diharapkan para peserta untuk tidak mempercayai oknum yang menjanjikan sesuatu. Panitia Daerah membuka layanan pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan seleksi di nomor 081327595442.

 


Cetak   E-mail