Jadi Barometer Pelaksanaan Aksi HAM, Kadivyankumham Harapkan Jawa Tengah Capai Target di Tahun 2021

 ham217

SEMARANG – Kanwil Kemenkumham Jateng bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia selenggarakan Rapat Kerja Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM secara virtual melalui Aplikasi Zoom, Kamis (22/7). 

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi hadir membuka kegiatan yang dipandu Moh. Hawary D.

 

Bambang mengatakan jika tugas penghormatan, penegakan, pemajuan, pemenuhan, dan perlindungan HAM merupakan kewajiban serta tanggung jawab pemerintah.

 

"Lebih dari itu semua pihak harus berperan untuk mewujudkan hal tersebut, tandasnya.

 

Ia juga menyampaikan jika kegiatan semacam ini untuk menyamakan persepsi dalam pelaporan Aksi HAM.

 

“Kegiatan rapat ini merupakan suatu wahana dalam rangka menyamakan presepsi dalam pelaporan capaian aksi HAM.” ujar mantan Auditor ini menambahkan.

 

Ia juga berharap peran sekretariat RANHAM harus diperkuat dalam hal mengkoordinasikan, memantau, mengevaluasi dan melaporkan capaian pelaksanaan Aksi HAM. 

 

“Mengingat Jawa Tengah menjadi barometer daerah lain dalam pelaksanaan Aksi HAM, saya harap Jawa Tengah dapat mencapai target.” pesannya.

 

Hadir sebagai narasumber kegiatan ini ialah Kasubdit Kerjasama dan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Wilayah I, Ruth Marsinta, Kepala Sub Bagian Rancangan Peraturan Daerah Biro Hukum Setda Prov Jawa Tengah, Agus Nurgoho Adi Prasetyo dan Kepala Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Semarang, Slamet Budiutomo.

 

Pada kesempatan itu Ruth menjelaskan tentang teknis pelaksanaan Aksi HAM dan format pelaporan Aksi HAM. Melengkapi materi, Narasumber dari Bappeda Kota Semarang, Slamet Budiutomo yang menjelaskan tentang Peran sinergitas bappeda kota semarang serta hambatan dalam pelaksanaan Aksi HAM dan Narasumber dari Biro Hukum Setda Prov Jawa Tengah, Agus Nurgoho Adi Prasetyo yang menjelaskan refleksi kendala pelaporan aksi ham daerah 2020 provinsi dan kabupaten/kota jawa tengah.

 

Rapat yang diikuti oleh Kepala Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kab/Kota seluruh Jawa Tengah ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan narasumber.

ham2172


Cetak   E-mail