Penanganan Perkara Anak Melalui Restorative Justice

IMG 20210806 113637 477

Semarang - Apel pagi merupakan salah satu sarana yang tepat digunakan untuk pengimplementasian Corporate University (Corpu). Seperti pagi ini, Jumat (06/08), saat apel pagi Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Madya, Satrio Mahendrajati, membagikan wawasan terkait Divisi Pemasyarakatan, khususnya di bidang Pembinaan Kemasyarakatan.

Sebagai petugas Pembimbing Kemasyarakatan, Satrio memaparkan sekilas peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam penanganan anak berkonflik dengan hukum dalam Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, PK tugas pokoknya ada lima yaitu penelitian kemasyarakatan, pembimbingan, pengawasan, pendampingan terhadap Anak di dalam dan di luar proses peradilan pidana, dan yang kelima melaksanakan sidang tim pengamat kemasyarakatan,” urai Satrio.

Ia kemudian menekankan bahwa dalam Sistem Peradilan Pidana Anak wajib mengutamakan penegakan keadilan restoratif dimana pelaksanaan perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku dan korban, dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali kepada keadaan semula dan bukan pembalasan.

Tidak hanya itu, sebelum mengakhiri apel pagi, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, mengingatkan untuk seluruh pegawai tak luput Kepala UPT dan jajarannya untuk mengikuti Pembinaan dan Penguatan Revolusi Mental oleh Inspektur Jenderal pada siang hari nanti. Lebih lanjut ia juga mengingatkan terkait penyampaian kondisi kesehatan seluruh pegawai melalui pengisian laporan pada aplikasi Pantau Kesehatan yang akan dilaporkan secara berkala ke pusat.

Apel pagi virtual hari ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin, Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Santosa, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang S., Kepala UPT se-Jawa Tengah, Pejabat Administrator dan Pengawas, Pejabat Fungsional dan pelaksana, serta seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

IMG 20210806 113637 739

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan 


Cetak   E-mail