Inspektur Jenderal Ajak Insan Pengayoman Jawa Tengah Merubah Mindset Keliru Tentang Berbagi

IMG 20210806 192641 686

SEMARANG- Bicara tentang berbagi terhadap sesama, mindset menjadi kunci utama dalam menentukan berat ringannya kita melakukan hal tersebut.

Mindset yang keliru dalam berbagi, biasanya membuat sebagian orang terbebani ketika diminta untuk berbagi.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Razilu saat memberikan wejangan pada kegiatan Pembinaan dan Refleksi Pelaksanaan Kumham Peduli, Kumham Berbagi yang digelar secara virtual, Jum'at (06/08).

"Karena ketika mindset kita keliru tentang berbagi pasti akan terasa berat, walaupun sebenarnya kita memiliki kelebihan untuk berbagi," ujarnya.

Menurut Razilu, setidaknya ada 4 kekeliruan cara pandang dalam berbagi.

Pertama, bahwa kadang kita berpikir harta adalah mutlak milik kita. Kedua, ada orang yang berpikir berbagi akan mengurangi  jumlah harta.

Selanjutnya, ada pemikiran bahwa semakin banyak berbagi semakin banyak harta berkurang. Dan yang terakhir, anggapan bahwa bahagia dan kaya dengan menerima atau diberi.

"Mindset ini Bapak Ibu sekalian harus dirubah, dieliminasi, harus dikikis habis," tegasnya menyikapi kekeliruan mindset tersebut.

Di sisi lain, mantan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jateng ini menjelaskan mindset tepat tentang berbagi, untuk meng-counter pandangan keliru terkait hal yang sama.

"Bahwa harta bukan milik mutlak. Di sana ada hak orang lain. Kalau ada hak orang lain harus diberikan, tidak boleh ditahan," terangnya menjelaskan pandangan yang pertama.

Selanjutnya, Razilu mengajak semua pegawai untuk meyakini bahwa berbagi itu sebenarnya akan menambah jumlah harta, bukan mengurangi.

"Dan semakin banyak berbagi maka akan semakin banyak bertambah harta kita, begitupun sebaliknya," katanya menambahkan.

Selain itu, Irjen menyerukan untuk senantiasa mencoba membangun pemahaman bahwa kita akan bahagia dan kaya dengan berbagi, sehingga lebih ringan dalam berbagi.

"Sehingga berbagi menjadi kegemaran kita, menjadi kecintaan kita, menjadi karakter kita, sudah menjadi karakter yang melekat pada diri kita," tuturnya.

Pada kegiatan ini, seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng baik yang di Kantor Wilayah sendiri, maupun di Unit Pelaksana Teknis se Jawa Tengah, mengikuti secara virtual.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan 


Cetak   E-mail