Institusionalisasi dan Internalisasi Pancasila dalam Peraturan Perundang-undangan

IMG 20211016 094449 107

SEMARANG - Wujudkan konsistensi dalam menjadikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum dalam peraturan perundang-undangan, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah ikuti Diseminasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Penyelarasan Rancangan Produk Hukum Daerah di Jawa Tengah, Jumat (15/10).

Kegiatan yang digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja Lt. 2, Kantor Sekretariat Daerah Jawa Tengah, merupakan inisiasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin yang diwakili oleh PLT. Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, hadir mengikuti jalannya kegiatan yang dalam kesempatan ini diisi materi oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Kemas Akhmad Tajuddin.

Kemas memaparkan bahwa upaya mencemerlangkan kembali nilai-nilai Pancasila salah satunya yaitu dengan melakukan upaya institusionalisasi dan internalisasi Pancasila dalam Peraturan Perundang-undangan.

"Dengan adanya kegiatan ini dimaksudkan untuk membahas dan merumuskan pelaksanaan pemantapan nilai-nilai Pancasila dan pola hubungan kerja Direktorat Analisis dan Sinkronisasi dalam melakukan penyelarasan terhadap rancangan peraturan daerah dan rancangan produk hukum daerah berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta komunikasi antar stakeholder terkait," terangnya.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan konsistensi Pancasila sebagai sumber hukum dan meningkatkan kualitas produk hukum nasional agar sesuai dengan Pancasila.

Hasil yang diharapkan dari pemahaman tersebut yakni nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan modal oleh bangsa Indonesia untuk melakukan pembangunan nasional yang secara garis besar meliputi pembangunan di bidang mental, agama, dan sumber daya manusia;  bidang kemasyarakatan; bidang ketatanegaraan; dan bidang ekonomi dan keuangan.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#HDKD2021
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail