Kakanwil Jateng Beri Edukasi Hukum & HAM Melalui Talkshow Klinik Hukum

IMG 20211024 200203 972

SEMARANG – Berikan edukasi seputar regulasi hukum dan hak asasi manusia kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah jalin kerjasama dengan Inti Media Televisi Semarang, Minggu (24/10).

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam sebuah talkshow bertema “Klinik Hukum” dengan narasumber utama Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham A. Yuspahruddin yang dipandu oleh Agung Cahyono sebagai presenter. Pada episode perdana ini, Agung mengulik topik seputar Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Jawa Tengah.

Sembari berkeliling melihat aktivitas para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan fasilitas yang ada di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, Yuspahruddin menjelaskan berbagai macam pembinaan yang diberikan kepada WBP.

“Di dalam Lapas, WBP mendapatkan pembinaan berupa pembinaan kepribadian dan kemandirian. Pembinaan kepribadian misalnya seperti kerohanian, kesenian, dan olahraga. Sedangkan pembinaan kemandirian dengan pelatihan keterampilan membatik, menjahit, barista, dsb,” ujar Kakanwil.

Ia menekankan fungsi pembinaan tersebut guna mempersiapkan WBP ketika mereka keluar dari lapas nantinya.

“Saya harap WBP setelah keluar dari lapas jangan lagi dicap sebagai pelaku kejahatan. Karena di sini mereka sudah menjalani berbagai pembinaan menjadi manusia yang lebih baik. Jadi jangan lagi melihat masa lalunya,” pesan Yuspahruddin di penghujung acara.

Sepanjang talkshow, Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto dan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang Kristiana H. turut mendampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah berkeliling dan juga memperkenalkan hasil karya WBP.

IMG 20211024 WA0170

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#HDKD2021
#KumhamSemakinPASTI
#TetapDisiplinPakaiMasker
#JagaJarakdanCuciTangan


Cetak   E-mail