Isi Kultum Ramadhan, Kakanwil Yuspahruddin : Hati-hati Dengan Azab Kenikmatan

Cover

SEMARANG- Azab dari Allah SWT menghampiri manusia dengan berbagai rupa. Tidak hanya berupa kesusahan, kesengsaraan, kemiskinan dan lain sebagainya, namun bisa jadi berupa kenikmatan dunia.

Kondisi itu biasa dikenal dengan Istidraj. Sebuah azab dari Allah SWT yang berbungkus kenikmatan, misalnya kekayaan, ketenaran, kesehatan dan lain-lain.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A Yuspahruddin mengingatkan jajarannya akan bahaya hukuman Allah SWT tersebut.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kultum Ramadhan di Masjid Al Hikmah Kanwil Kemenkumham Jateng ba'da Sholat Dzuhur berjamaah, Senin (04/04).

Lebih rinci, Pria yang akan memasuki usia 59 tahun itu, mengutip Surah Al-An'am Ayat 44

"Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan (kenikmatan) untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa," ujarnya menjabarkan.

"Kalo bahasa Arab biasanya disebut Istidraj. Azab Allah SWT yang dikemas atau dibungkus dalam kenikmatan. Ini yang sangat berbahaya, karena biasanya membuat kita terlupa," sambungnya.

Secara satir, Kakanwil mengatakan jauh lebih baik bila manusia mendapatkan cobaan kesengsaraan yang lebih nyata dibandingkan ujian berupa kenikmatan.

"Karena bila kita diberikan cobaan dalam bentuk kenikmatan biasanya banyak orang tidak lolos," tuturnya memperingatkan.

Dalam tausiyahnya Yuspahruddin juga mengajak para pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng untuk berprasangka baik terhadap semua ketentuan Allah SWT, sekalipun tidak sesuai dengan keinginan manusia itu sendiri.

Dia meyakini bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

"Percayalah setiap kesulitan itu didampingi dengan kemudahan. Bahwa di dalam kesulitan itu ada kemudahan," ujarnya serasa mengutip Surah Al Insyirah.

"Satu kesulitan akan didampingi dengan dua kemudahan. Tidak usah khawatir kalo kita diberikan sakit, kesulitan, punya utang, insyaallah akan dimudahkan oleh Allah SWT," tambahnya.

"Kalau anda dapat kesulitan tidak usah khawatir, bisa jadi itu tanda Allah sayang anda," sambungnya kemudian.

Penutup, mantan Kakanwil Kemenkumham Aceh itu berharap selama bulan Ramadhan dan seterusnya keimanan Insan Pengayoman Kanwil Kemenkumham Jateng bisa terus meningkat.

Kegiatan kultum merupakan agenda rutin yang diadakan Badan Amalan Islam (BAI) Kanwil Kemenkumham Jateng selama bulan Ramadhan.

Kolase

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI
#PakaiMaskerLagi
#JagaJaraklagi


Cetak   E-mail