Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Kemenkumham Jateng Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

IMG 20220601 WA0034

_Kanwil Kemenkumham Jateng Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022_

SEMARANG – Terpusat dari Lapangan Pancasila Ende NTT, upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia secara virtual.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah A. Yuspahruddin didampingi Pimpinan Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrasi serta Fungsional mengikuti Upacara melalui streaming di Aula Kresna Basudewa Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Rabu (01/06).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka amanatnya dengan menjelaskan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

“Di kota Ende yang sangat bersejarah ini Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan Bapak Pendiri Bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila, bagi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Dari kota tersebut, ia mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga interaksi antar sesama anak bangsa,” ujar Jokowi.

Presiden RI ke-7 itu menegaskan pengamalan Pancasila adalah tugas seluruh komponen bangsa. Terlebih sebagai pemegang mandat Presidensi G20, Indonesia mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan Global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, damai, bahagia, dan lebih berperikeadilan.

Menutup amanatnya, Presiden Republik Indonesia mengajak seluruh pemimpin bangsa menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan

Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini juga diikuti oleh para pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah melalui virtual dengan cara streaming di kanal Youtube yang menyiarkan upacara tersebut.

IMG 20220601 083952 046

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI
#PakaiMaskerLagi
#JagaJaraklagi


Cetak   E-mail