Persiapan Penilaian Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kemenkumham Jateng Lakukan Koordinasi dengan Bapas Purwokerto dan Rupbasan Cilacap

6575DFB4 D8A4 4444 908C C32B9325D98D

CILACAP – Untuk melakukan pemantauan dan persiapan penilaian P2HAM, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Bidang HAM melakukan koordinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Purwokerto dan Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Cilacap, pada Selasa (31/05).

 

Koordinasi ini dilakukan oleh Kepala Bidang HAM, Lista Widyastuti dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Moh Hawary Dahlan. Tujuan koordinasi bidang HAM ke Bapas Kelas II Purwokerto dan Rupbasan Kelas II Cilacap adalah dalam rangka persiapan penilaian Pelayanan Publik berbasis HAM (P2HAM) tahun 2022.

 

Koordinasi yang pertama dilaksanakan di Bapas Kelas II Purwokerto, kedatangan Bidang HAM disambut baik oleh Kepala Bapas Kelas II Purwokerto, Slamet Wiryono. 

 

"Kedatangan Bidang HAM sangat kami nantikan, kami sangat membutuhkan saran dan masukan dari Bidang HAM terkait pemenuhan indikator-indikator pemenuhan data dukung P2HAM tahun ini, agar tahun ini kami bisa mendapatkan penghargaan P2HAM.” ujar Slamet. 

 

Selanjutnya, kunjungan dilaksanakan di Rupbasan Kelas II Cilacap, tim Kanwil disambut oleh Kepala Rupbasan Kelas II Cilacap, Wahyu Budi Heriyanto. Pada kesempatan tersebut Lista menyampaikan bahwa pada Permenkumham No. 27 Tahun 2018  tentang P2HAM, Rudenim, Rupbasan dan Badiklat tidak termasuk sebagai Unit Pelaksana Teknis yang akan dinilai oleh Dirjen HAM. Akan tetapi dengan adanya perubahan Permenpan P2HAM Nomor 2 Tahun 2022  terdapat  perluasan ruang lingkup dan perubahan mekanisme,  salah satunya adalah satuan kerja Rudenim, Badiklat dan Rupbasan mulai tahun ini turut sebagai konstestan. Sehingga kami melaksanakan amanah pimpinan ingin mendorong semua satuan kerja pada jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng khususnya Rupbasan dapat memenuhi indikator  penilaian Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) agar bisa mendapatkan penghargaan tahun ini. 

 

“Kami akan terus berupaya maksimal untuk dapat memenuhi indikator penilaian P2HAM, Kami berharap tahun ini Rupbasan Kelas II Cilacap bisa mendapatkan penghargaan P2HAM", jelas Wahyu.

 

Lebih lanjut Lista menyampaikan bahwa untuk meraih suatu keberhasilan kita tidak bisa bekerja sendiri, tentunya kita harus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga penghargaan P2HAM akan dapat diraih oleh Bapas Purwokerto dan Rupbasan Cilacap, tahun 2022 ini.

@Kemenkumhamri

#KumhamSemakinPasti


Cetak   E-mail