Perkuat Sinergitas, Kakanwil Kemenkumham Jateng Beri Dukungan Dalam Unnes Partnership Forum 2022

 IMG 20220607 WA0059

 

SEMARANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin memenuhi undangan dari Universitas Negeri Semarang bertajuk Unnes Partnership Forum (UPF) 2022.

 

Terselenggara di Ruang Poncowati Hotel Patra Semarang, Selasa (07/06), acara UPF 2022 ini bertemakan MBKM Ecosystem Development : Closing the Gap between Industry Talent Needa and the Existing Higher Education Curriculum.

 

Pada kesempatan itu, Kakanwil melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Fakultas Hukum Unnes untuk ikut serta mendukung UPF 2022.

 

Dalam dokumen penandatanganan tertulis bahwa Kanwil Kemenkumham Jateng dan Unnes bersepakat untuk ikut serta dalam UPD 2022 dan melaksanakan penguatan kerja sama dalam kegiatan magang mahasiswa maupun Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

 

IMG 20220607 WA0057

 

 

Kakanwil juga mengutarakan kesediaannya untuk melakukan kerja sama dengan Unnes dalam bidang hukum.

 

Ia mengungkapkan, Kanwil Jateng memiliki lingkup kerja yang luas sehingga bisa bermanfaat untuk melakukan praktek kerja dan juga penyuluhan hukum.

 

"Kami punya 71 UPT yang bisa dijadikan ladang untuk praktek kerja dan penyuluhan hukum," terang Yuspahruddin.

 

"Kami juga butuh ahli dalam rangka sosialisasi aturan-aturan hukum sehingga aturan hukum yang ada bisa sampai ke masyarakat termasuk sosialisasi Kekayaan Intelektual. Oleh karena itu kami bisa bekerja sama dengan Fakultas Hukum," lanjutnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa di Jateng terdapat tempat pembinaan yang paling besar yaitu Nusakambangan, yang mana banyak universitas di Indonesia meminta izin untuk melakukan penelitian disana.

 

Sebelumnya, Rektor Unnes Fathur Rokhman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para mitra yang telah berkenan hadir pada kegiatan malam ini.

 

Terlihat sebanyak 24 (dua puluh empat) mitra yang terdiri dari 18 (delapan belas) mitra dalam negeri dan 6 (enam) mitra dari luar negeri hadir di kegiatan ini.

 

Untuk diketahui, Unnes Partnership Forum 2022 ini merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis unnes ke 57 yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2022.

 

Dan sebagai informasi, MBKM adalah kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan memberikan pengalaman belajar di luar kampus agar mereka mampu menghadapi segala perubahan dan dapat menjawab tantangan zaman.

 

IMG 20220607 WA0060


Cetak   E-mail