Kemenkumham Jateng dan UPT Jajaran Ikuti Launching KUMHAM-CSIRT

BA1B549F A84F 4B70 A659 476532CDF4E0

SEMARANG - Mendukung peningkatan keamanan aset digital dalam menghadapi perang siber, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto yang terhubung secara virtual dari ruang kerja kakanwil serta Kepala Divisi Administrasi, Jusman yang terkoneksi secara virtual dari Kanim Wonosobo mengikuti Launching Computer Security Incident Response Team Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KUMHAM-CSIRT) dengan tema "Secure Together Safe Better", pada Selasa (14/06).

 

Program KUMHAM-CSIRT merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Badan Siber dan Sandi Negara RI. Berpusat di Graha Pengayoman Jakarta, giat ini dibuka langsung Sekretaris jenderal, Andap Budi Revianto dan dihadiri secara langsung oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara RI (BSSN RI), Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala BSSN RI, Hinsa Siburian menyampaikan bahwa tingginya tingkat pemanfaatan TI berbanding lurus dengan risiko dan ancaman keamanannya.

 

"Launching KUMHAM-CSIRT merupakan pembentukan CSIRT ke-77. Kami harapkan dalam pelaksanaan tugasnya tim CSIRT dapat bertanggung jawab untuk menerima meninjau dan menanggapi, laporan dan aktivitas insiden kemaanan siber." terang Hinsa.

 

Selanjutnya, Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budi Revianto berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya. Ia menyampaikan bahwa tidak berhenti disini saja namun akan mengikuti kegiatan workshop pelatihan dan kegiatan lain untuk meningkatkan kapabilitas.

 

 "Sama sama semua sigap dalam menghadapi serangan siber," ujarnya.  

 

Andap juga mengharapkan peran aktif pimpinan untuk selalu sigap dan melaksanakan langkah-langkah konkret jika ada serangan siber dan mengkomunikasikan kepada KUMHAM-CSIRT.

 

Sebelumnya di bacakan laporan kegiatan oleh Kepala Pusdatin Kemenkumham RI, Hermansyah Siregar.

 

Ia melaporkan bahwa terciptanya KUMHAM-CSIRT adalah  salah satu upaya kemenkumham dalam mengoptimalkan TI dibidang keamanan khususnya dalam bidang layanan tanggap inseiden keamanan siber. 

 

Turut mengikuti kegiatan, Kepala UPT dan Pranata Komputer se Jawa Tengah, Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono serta Kepala Sub Bagian Humas, RB dan TI, Hazmi Saefi.

 

@kemenkumhamri

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail