Kemenkumham Jateng Ikuti Launching Buku Tanya Jawab Pembentukan Perda & Peraturan Kepala Daerah

Picsart 22 07 21 15 08 14 872

SEMARANG - Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah menghadiri peluncuran (launching) Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah yang merupakan salah-satu output Kerja sama antara Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham RI.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini berpusat di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Kamis (21/07) dan dihadiri secara virtual oleh Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Ahmad Shohib Zaeni serta diikuti oleh Pejabat Fungsional Tertentu Perancang Peraturan Perundang-undangan dari ruang rapat Bima.

Dibuka secara resmi oleh Wakil Meteri Hukum dan HAM RI, Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan bahwa Penyusunan Buku Tanya Jawab yang telah diinisiasi sejak Juni 2020 dan sempat tertunda akibat merebaknya pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir ini membahas seputar Pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memberikan pemahaman yang sama terkait pembentukan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Oleh Wamenkumham juga dijelaskan bahwa penyusunan buku Peraturan Perundang-undangan ini telah diatur secara menyeluruh oleh pusat, mengingat sering terjadi persepsi yang berbeda antar tenaga penyusun Perancang Perundang-undangan, sehingga dengan adanya Buku panduan ini bisa menjadi pedoman bagi seluruh pihak dalam menyusun Peraturan Perundang-undangan dan meminimalisir angka kekeliruan di lapangan.

“Dari Peluncuran buku ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang berkualitas di masa mendatang,” Ujar Eddy.

Selanjutnya Perwakilan Kedutaan Besar Jepang Masami Tamura mengemukakan bahwa peluncuran buku ini merupakan peluncuran kedua yang dilaksanakan semenjak dilakukannya Kerjasama antara JICA dan Kemenkumham pada 2002 silam hingga dengan saat ini tahun 2022. Buku ini bisa digunakan dalam bertugas dalam pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah sehingga penataan iklim usaha dapat tertata dengan baik, semoga kerjasama Indonesia-Jepang kedepan bisa terus terjalin dengan baik.

Sementara itu Yasui Takehiro selaku perwakilan dari JICA menyampaikan rasa bangganya bisa bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM R.I, Ia berharap dengan buku yang di launching ini bisa bermanfaat bagi semua pihak.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail