Kemenkumham Jateng Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci Hari Kemerdekaan RI Ke-77

IMG 20220817 WA0005

SEMARANG – Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang tepat pukul 00.00 WIB, Rabu dini hari (17/8).

Apel kehormatan dan Renungan Suci merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan menjelang tanggal 17 Agustus sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Hadir mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah ialah Kepala Divisi Administrasi, Jusman.

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta segenap Forkopimda Provinsi Jawa Tengah juga terlihat hadir di TMP Giri Tunggal Semarang.

Sedangkan bertindak selaku Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci yakni Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Kegiatan ini diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan. Dilanjutkan dengan pemadaman lampu penerangan dan persiapan penyalaan obor.

Suasana kegiatan tahunan ini semakin sakral saat lampu dimatikan dan obor dinyalakan. Kemudian, Inspektur Upacara melakukan penyalaan obor, pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

Ditemui seusai Apel, Kadivmin menyampaikan Kementerian Hukum dan HAM hadir pada kegiatan kali ini sebagai bentuk rasa syukur serta penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Kami Kemenkumham hadir disini sebagai bentuk rasa syukur serta penghormatan kami sebagai anak bangsa dan Aparatur Sipil Negara yang berkontribusi untuk membangun negara ini" tuturnya

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyampaikan kegiatan kali ini sebagai momentum mengingat kembali perjuangan para pahlawan serta meneruskan semangat kemerdekaan yang para pahlawan gelorakan pada saat itu.

"Peringatan yang kita rayakan setiap tahun ini agar generasi berikutnya selalu ingat bahwa bangsa ini lahir tidak dikasih dengan begitu saja" ujarnya

"Ada darah, ada air mata, ada nyawa yang dipertaruhkan. Dan kita harus mempertahankan dan mengisi itu" pungkasnya.

IMG 20220817 WA0004

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail