Kakanwil Kemenkumham Jateng Ikuti Forum Koordinasi Pelaksanaan RANHAM 2021-2025

36B0085C 7E96 4C6A BAF9 546B0CE51168

 

SEMARANG - Tunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mengikuti Forum Koordinasi Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2021-2025 secara virtual, pada Rabu (24/08).

 

Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Jakarta ini. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berkesempatan menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut. 

 

 

Yasonna berharap kegiatan ini dapat menghasilkan strategi yang akan menampilkan wajah Indonesia yang ramah HAM.

 

"Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan strategi-strategi profesional dan menjadi gerakan-gerakan progresif yang menampilkan wajah Indonesia yang ramah HAM," ujar Yasonna.

 

Selanjutnya, Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi mengungkapkan bahwa Forum Koordinasi Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) ini merupakan bagian dari implementasi RANHAM yang bertujuan meningkatkan capaian Aksi HAM.

 

"Salah satu aksi nyata pemerintah dalam pemajuan HAM di Indonesia adalah dengan melaksanakan RANHAM yang dapat diselaraskan dengan potensi dan permasalahan di setiap Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah." Ujar Mualimin Abdi.

 

Sebagai infomasi, Kementerian Hukum dan HAM RI saat ini sedang menyusun Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang Tata Cara Koordinasi, Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan serta Sekretariat Panitia Nasional Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia guna menjadi pedoman dalam melaksanakan koordinasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan RANHAM pada periode-periode berikutnya.

 

@kemenkumhamri

#KumhamSemakinPASTI 


Cetak   E-mail