Beri Kontribusi Percepatan Pemulihan Ekonomi, Kemenkumham Jateng Gelar Kegiatan Pendampingan Pencatatan PDN

IMG 20220907 WA0048

Slawi - Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan kontribusi terkait dengan percepatan pemulihan ekonomi sangat diperlukan. Bukan hanya dalam aspek Pengadaan Barang dan Jasa, namun juga dibidang Pelayanan Hukum bagaimana mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diberi ruang mendaftarkan usahanya di e-Katalog Kemenkumham.

Demikian antara lain disampaikan Kepala Divisi Administrasi, Jusman, yang juga merupakan Penanggung Jawab Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Setwil Jawa Tengah, pada kegiatan Pendampingan Pengisian/Pencatatan E-Tendering, E-Purchasing, Non E-Tendering, Non E-Purchasing, E-Kontrak, dan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Aplikasi SPSE untuk UPT Eks Karesidenan Pekalongan, Rabu (07/08) di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi.

Kadivmin mengatakan jika sesuai regulasinya dan kebijakan Pemerintah bahwa semua belanja modal itu 40 % wajib dibelanjakan untuk produk dalam negeri.

"Artinya tidak harus semua, sesuai kebutuhan.Misal jika kita ingin membeli laptop tetapi spesifikasi yang dibutuhkan belum bisa diakomodir Produk Dalam Negeri (PDN) boleh menggunakan produk luar negeri namun ada mekanismenya, " terangnya.

Berikutnya, Jusman mengingatkan pentingnya para PPK menginput realisasi belanja produk dalam negeri.

"Strategi ini - kegiatan pendampingan - memang terkesan agak mendadak namun ini harus dilakukan sebagai upaya percepatan, agar progres UPT bisa segera 100 persen semuanya, " harapnya.

" Minta tolong agar untuk UPT Eks Karesidenan Pekalongan selesai hari ini. Kalaupun ternyata belum, harus ada komitmen dari Bapak/Ibu untuk bisa selesai 100 persen pada minggu ini, " tandas Kadivmin mengingatkan.

Sebelumnya, Kepala Lapas Kelas IIB Slawi , Winarso, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kanwil dalam melakukan pendampingan kegiatan ini, sekaligus menyampaikan komitmen dan dukungannya terhadap penggunaan produk dalam negeri.

Kegiatan pendampingan diikuti para Pejabat Pembuat Komitmen dan Bendahara dari 10 UPT Eks Karesidenan Pekaongan.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan, Kepala Lapas Tegal, Kepala Lapas Slawi, Kepala Rupbasan Pekalongan dan Ketua UKPBJ Serwil Jawa Tengah.

IMG 20220907 WA0049

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail