Kemenkumham Jateng Ikuti Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022

IMG 20221103 WA0015

SEMARANG- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ikuti kegiatan Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022 secara virtual, Kamis (03/11).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI ke-56.

Kepala Kantor Wilayah, A. Yuspahruddin hadir mengikuti kegiatan tersebut secara virtual. Sementara tergabung dari Aula Kresna Basudewa, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Pejabat Administrator, Pengawas, beserta Pejabat Fungsional dan Pelaksana Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly yang dalam hal ini memberikan sambutan, menyampaikan Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Menurutnya Itjen bukan hanya sekedar pelengkap organisasi, namun Itjen harus menjadi Center of Excellence. Untuk itu, Itjen perlu secara continue mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja.

"Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko," terang Yasonna.

Lebih lanjut, untuk mendukung Itjen melaksanakan peran dan fungsi sebagai Quality Assurance, Consulting, dan Strategic Partner secara optimal sehingga dapat menekan tingkat pelanggaran.

Yasonna mengimbau kepada semua pimpinan Unit Utama, Kakanwil, dan Ka UPT untuk terus tanpa lelah melakukan pembinaan ke jajaran melalui aktualisasi tata nilai PASTI dan core value ASN BerAKHLAK.

"Saya perintahkan kepada semua pimpinan Unit Utama, Kakanwil, dan Ka UPT untuk melakukan pembinaan ke jajaran terkait tata nilai PASTI dan BerAKHLAK," tegasnya

Sebagai penutup, Yasonna meminta kepada Irjen dan jajaran untuk terus menggelorakan inovasi program unggulan di tahun-tahun selanjutnya.

Diketahui di tahun 2023 mendatang, terdapat Panca Program Unggulan Itjen yang akan dilaunching. Diantaranya E-MAWAS, BBKIM, Irwil Aktif Mendengar, Sertifikasi API, dan Aktif Belajar Plus.

"Jangan berhenti sampai disitu, ciptakan lingkungan yang dapat mendukung untuk terus melahirkan inovasi-inovasi yang dapat menjadi tools untuk memperkuat organisasi dan meningkatkan kinerja Itjen," tutup Pria kelahiran Tapanuli Tengah tersebut.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu, menjelaskan pada Peringatan Hari Jadi ke-56 Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM tahun ini, tema yang diambil adalah “APIP BerAKHLAK, Kemenkumham Bermartabat”.

Melalui tema ini, Razilu mengajak kepada seluruh ASN Kemenkumham untuk mewujudkan Kemenkumham Bermartabat melalui Aktualisasi Core Value BerAKHLAK.

"Tema ini kami ambil untuk memberikan pesan mendalam bahwa Insan APIP sangat mendambakan Kemenkumham Bermartabat dan hanya akan dicapai dengan Aktualisasi Core Value BerAKHLAK," ujarnya

Sekedar informasi, Dalam rangka Peringatan Hari jadi ke-56, Inspektorat Jenderal Kemenkumhan RI menggelar berbagai rangkaian kegiatan, antara lain bersilaturahmi kepada para Irjen terdahulu, menyelenggarakan Itjen Peduli, serta pada hari ini menggelar Kegiatan Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Internalisasi Core Value BerAKHLAK yang diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan UPT se-Indonesia.

IMG 20221103 WA0016

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail