Pembina Apel Ajak Pegawai Asah Kemampuan Diri

CoverApel

SEMARANG- Untuk mampu menghadapi perkembangan jaman yang begitu pesat saat ini, seseorang setidaknya harus memiliki 4 skill atau kemampuan.

Hal itu diungkapkan Agus Wahyono, Pembimbing Kemasyarakatan Madya Kanwil Kemenkumham Jateng saat memberikan amanat sebagai Pembina Apel Pagi, Kamis (03/11)

"Yang pertama adalah problem solving, yaitu Kemampuan untuk menyelesaikan, memecahkan masalah atau mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut," tuturnya.

"Apabila kita dihadapkan permasalahan dalam pekerjaan kita, kita diharapkan bisa semaksimal mungkin, sebisa mungkin untuk bisa memecahkan masalah tersebut. Untuk bisa mencari jalan keluar terkait masalah pekerjaan kita secara semaksimal yang kita bisa".

"Jangan apabila kita dihadapkan pada permasalahan, kita sedikit-sedikit bertanya, memohon petunjuk kepada atasan atau pimpinan dan meminta bantuan kepada rekan kerja. Kita harus bisa lebih mandiri," imbuhnya.

Yang kedua menurut Aguus adala self management, yaitu seseorang dituntut mampu memanage diri sendiri. Mengkondisikan diri untuk menjadi lebih baik, lebih berprestasi, lebih meningkat, baik dalam segi kompetensi maupun dalam segi keilmuan.

"Yang ketiga adalah Working with people, yaitu bekerja bersama-sama dengan orang lain," katanya memaparkan.

"Dalam artian, bekerja dalam satu teamwork. Terkadang kita dihadapkan pada pekerjaan yang memerlukan pekerjaan secara tim, kita diharapkan mampu untuk saling bekerja sama, saling membantu, saling mensupport, saling mendukung".

"Jangan sampai apabila kita bekerja dalam satu tim, hanya ada satu dan dua orang saja yang bekerja sementara yang lain hanya menjadi penonton," sambungnya.

Terakhir menurut Agus adalah Technology Adaptation, yaitu beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus beradaptasi, harus mengupgrade diri kita terhadap pengembangan teknologi informasi. Jangan sampai kita dianggap gaptek," tandasnya mengakhiri amanat.

Mengikuti apel pada kesempatan ini, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi, Pejabat Administrasi, Fungsional, Pelaksana serta PPNPN Kantor Wilayah.

KolaseApel


Cetak   E-mail