Tingkatkan Pembinaan Kemandirian Warga Binaan, Rutan Boyolali Tebar 3000 Benih Ikan Nila

4E35E3D5 4913 4D2D 8F6C 5FA797F4C819
BOYOLALI- Peternakan ikan menjadi pilihan Rutan Kelas IIB Boyolali dalam pelaksanaan pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)-nya.

Memfasilitasi program unggulan tersebut, Rutan Boyolali telah menyediakan 4 kolam ikan dengan ukuran 4x6 meter.

Launching pengoperasian kolam ikan tersebut ditandai dengan penaburan benih yang dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Dr A Yuspahruddin, Senin (19/12).

Pada kesempatan itu, Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Budhiarso Widhyarsono serta para Kepala UPT se Eks Karesidenan Surakarta.

Kegiatan juga disaksikan Kepala Kejaksaan Negeri Boyolali, perwakilan Forkopimda dan Mitra Kerja Rutan Boyolali.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kepala Rutan Boyolali Agus Imam Taufik, ada 3000 benih ikan yang taburkan.

"Sementara ini masih ikan nila. Nantinya akan kita tambah dengan jenis ikan yang lain," ujarnya menerangkan.

Imam sapaan akrabnya menjelaskan, peternakan ikan ini merupakan upaya Rutan Boyolali memberikan pembinaan kemandirian. kepada WBP.

"Harapannya, dengan keterampilan ternak ini, WBP akan mendapatkan bekal yang bagus. Sehingga bila tiba saatnya kembali ke masyarakat, mereka bisa menjadi manusia yang berguna dan bisa memulai hidup yang lebih baik," jelas Agus.

"Target dari pembinaan kemandirian berupa budidaya ikan ini, tentunya bagaimana WBP diajarkan proses budidaya ikan mulai dari pembibitan sampai dengan bisa di panen. Sekali lagi, harapannya setelah WBP bebas mempunyai skill pengetahuan tentang budidaya ikan dengan benar," sambungnya.

Menurut Karutan lagi, nantinya peternakan ikan akan dibudidayakan secara baik dan hasilnya akan dipasarkan ke masyarakat. Dimana pendapatan dari peternakan itu akan menjadi penghasilan tambahan bagi WBP dalam bentuk premi.

Selain peternakan ikan, Agus mengungkapkan ada beberapa program pembinaan WBP lainnya, antara lain perkebunan buah dan sayur-sayuran serta pembinaan kepribadian berupa pembelajaran agama.

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail