Pengajian Rutin BAI Kemenkumham Jateng, Penceramah Sampaikan Materi Kesabaran

 IMG 20230111 WA0008

 

SEMARANG - Badan Amalan Islam (BAI) dan Takmir Masjid Al Hikmah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah hari ini kembali menggelar pengajian rutin usai sholat dhuhur, Rabu (11/01).

 

Kesabaran menjadi materi yang disampaikan oleh Ustadz Teguh Priyono pada kajian siang ini.

 

Mengawali kajian, Ustadz Teguh membacakan surat Al-Baqarah ayat 155 yang artinya berisi tentang ujian yang diberikan kepada manusia berupa ketakutan, kelaparan, berkurangnya harta dan jiwa.

 

Namun di balik itu semua, Allah memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar dengan mendapat keberkatan dan rahmat dari-Nya. Menurut Ustadz Priyo, hal itu untuk melihat sejauh mana kelayakan hambanya.

 

Ia menambahkan bahwa sabar itu ada 3 kriteritanya. Pertama adalah sabar karena melaksanakan kewajiban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

 

Yang kedua yaitu sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Ketika seorang meninggalkan kemaksiatan dan menjaga diri dari keburukan, Allah akan mengganti dengan ganjaran yang lebih baik.

 

Dan yang terakhir adalah sabar ketika diterpa musibah. Ketika musibah datang kita perlu bersabar, karena sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dan sabar itu sendiri nantinya akan menjadi penolong kita semua.

 

IMG 20230111 WA0009


Cetak   E-mail