Jelang Hari Pers Nasional, Kemenkumham Jateng Ikuti Dialog Media Kebebasan Pers Bersama Ditjen HAM

IMG 20230207 WA0067

SEMARANG - Menjelang Hari Pers Nasional 2023 yang diperingati pada 9 Februari, Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) menggelar Media Dialogue yang bertajuk “HAM dan Kebebasan Pers”, Selasa (07/02).

Mengikuti secara virtual, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan menyimak paparan yang disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal HAM Mualimin Abdi, Penasehat Kehormatan Menteri Hukum dan HAM RI, Akademisi, serta Direktur Jenderal HAM (2014-2015) Prof. Aidir Amin Daud S.H., M.H. D.F.M., dan Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Kemenkominfo RI Drs. Bambang Gunawan, M.Si..

Dalam pemaparannya, Dirjen HAM Mualimin menyampaikan bahwa kebebasan pers merupakan salah satu dari bentuk kebebasan berekpresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia. Dalam pemaparan oleh Mualimin ini juga dijelaskan secara detil mengenai 7 hak – hak asasi manusia seperti apa saja yang tidak boleh dibatasi, beliau juga menyampaikan bahwa HAM harus berjalan seiringan dengan instrumen hukum sebagai bentuk kontrol masing - masing.

Selanjutnya, pemaparan oleh Direktur Bambang membahas terkait distrupsi teknologi yang pesat sekarang ini telah mendorong pers untuk merubah cara kerja mereka sehingga lebih mengutamakan kecepatan dan terkadang mengorbankan akurasi mereka. Bambang juga menyampaikan bahwa semakin banyaknya media–media yang tidak terverifikasi oleh dewan pers akibat kemajuan penyebaran informasi secara digital ini.

Setelah pemaparan yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama dengan para peserta yang hadir secara langsung, kegiatan ini ditutup dengan peluncuran Studio Podcast Ditjen HAM secara resmi oleh Dirjen Mualimin.

IMG 20230207 WA0066

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail