Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi Dengan Instansi Terkait Bahas Kabel Laut Cilacap-Nusakambangan

22851FAA FD13 4D12 BF01 9B8901209C63
CILACAP - Bertambahnya 3 (tiga) Unit Pelaksana Teknis di Nusakambangan yang akan beroperasi pada tahun 2023 menjadi atensi tersendiri terkait dengan kebutuhan pasokan listriknya.

 

Membahas hal tersebut Sekretariat Jenderal Kemenkumham bersama Kantor Wilayah melakukan Rapat Koordinasi dengan Instansi terkait diantaranya PT. PLN dan PT. SBI, Selasa (09/05) bertempat di Hotel Atrium Cilacap.

 

Rapat ini merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya, Senin (08/05), telah dilakukan survey lapangan untuk mengkaji _starting point_ dan _landing point_  serta letak kabel laut untuk mengalirkan listrik di Pulau Nusakambangan.

 

Kondisi kelistrikan Pulau Nusakambangan saat ini terus memerlukan tambahan daya listrik dengan bertambahnya 3 (tiga) lapas baru yakni Lapas Gladakan, Lapas Ngaseman dan Lapas Nirbaya.

 

Selain itu diketahui dalam rapat, selama kurun waktu 27 tahun PT. PLN Cilacap menggunakan kabel bawah laut milik PT. SBI guna mengalirkan listrik untuk operasional dan sistem keamanan pada satuan kerja Pemasyarakatan di Nusakambangan.

 

Namun pada bulan Mei tahun 2022, PT SBI telah melakukan pengecekan kondisi kabel bawah laut tersebut dalam kondisi _bad_ (tidak baik).

 

Salah satu faktornya disebabkan karena beban yang tercatat pada saat pengukuran adalah 71 % dari total kapasitas kabel bawah laut. Dan dikhawatirkan adanya potensi _Total Black Out_ (mati total).

 

Rapat koordinasi kali ini digelar untuk membahas berbagai kendala tersebut serta menyamakan visi dalam rangka rencana pembangunan kabel listrik bawah laut Cilacap-Nusakambangan untuk menunjang kebutuhan kelistrikan agar sistem pelayanan maupun pembinaan di Nusakambangan dapat berjalan dengan baik.

 

Hadir mewakili jajaran dari Sekretariat Jenderal Kemenkumham dalam rapat tersebut, Kepala Biro Perencanaan Ida Asep Somara, Kepala Biro Keuangan Wisnu Nugroho Dewanto, dan Koordinator SPP BMN Imron Nurhakim.

 

Sementara dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah hadir Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Bagian Umum Budhiarso Widhyarsono, Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN Maria Titik Sumiyati, dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan Dedi Hartono.

 

Turut bergabung dalam rapat koordinasi, PT. PLN UID Jateng-DIY, UP3 PT. PLN Cilacap, PT. SBI, KSOP Cilacap, dan Pelindo III Cab. Tanjung Intan Cilacap.

 

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*

*Jateng PASTI Produktif*

*PASTI WOW*

*PASTI WBK*

 

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail