Kemenkumham Jateng Berikan Penguatan Kapasitas Petugas Rehabilitasi

 IMG 20230516 WA0018

 

NUSAKAMBANGAN - Penguatan kapasitas terhadap petugas rehabilitasi Pemasyarakatan di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah kembali dilakukan.

 

Kali ini kegiatan diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Nusakambangan sebagai salah satu dari sembilan UPT Percontohan Rehab, Selasa (06/05), dengan menggandeng Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Colombo Plan, dan Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI).

 

Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Khrisna Murti menyatakan bahwa sesuai jadwal, kegiatan on site mentoring ini akan berlangsung hingga tanggal 19 Mei mendatang.

 

Rombongan disambut baik oleh Kalapas Raden Mas Kristyo Nugroho, ia mengatakan bahwa rehabilitasi sosial pada 40 (empat puluh) orang Warga Binaan Lapas Narkotika telah berjalan dengan baik.

 

Sementara, koordinator tim mentoring Hendra Wahyudi yang merupakan Sub Koordinator Perawatan dan Pencegahan Penyakit Menular Ditjenpas, menyampaikan bahwa mentoring dilaksanakan agar program rehabilitasi yang merupakan kekhususan pada Lapas Narkotika Nusakambangan dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Kegiatan ini juga diisi dengan mentoring pelaksanaan rehab oleh narasumber dari Colombo Plan dan IKAI terkait alur pelaksanaan dan rekam rehabilitasi serta cara penilaian instrumen rehab dengan menggunakan ASI (Addiction Severity Index).

 

IMG 20230516 WA0019


Cetak   E-mail