Kunjungi Lapas Klaten dan Rutan Surakarta, Kadiv Yankumham Indentifikasi Karya WBP Yang Berpotensi Sebagai Kekayaan Intelektual

C605201C 72B4 40F5 B18B 18B174D08099
KLATEN - Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Jawa Tengah Nur Ichwan melakukan kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIB Klaten, Jum'at (14/07)

 

Dalam agenda kali ini, Kadiv Yankumham mengkhususkan kunjungannya untuk melihat produk karya Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Klaten.

 

Ia juga melakukan pemantauan, pengawasan dan indentifikasi kreativitas WBP yang berpotensi mendapat perlindungan Kekayaan Intelektual.

 

Nur Ichwan menjelaskan, kedatangannya merupakan bagian dari tugas dan fungsi Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, dimana salah satunya merupakan bidang Kekayaan Intelektual.

 

"Kami, di Divisi Pelayanan Hukum dan HAM selalu berusaha mengindentifikasi produk-produk membanggakan WBP,  yang dapat dikembangkan lagi apabila para WBP selesai menjalani hukumannya dan kembali hidup bermasyarakat," ujarnya di sela-sela peninjauan ke Bengkel Kerja Lapas Klaten.

 

"Produk yang dihasilkan oleh WBP ini sangat beragam dan secara ekonomi dapat bernilai lebih apabila didaftarkan sebagai Kekayaan Intelektual, misalnya hak cipta dan merek kolektif", tambahnya.

 

Dia juga memaparkan, perlindungan Kekayaan Intelektual ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Sub Bidang Kekayaan Intelektual kepada para WBP sebagai pertanggungjawaban terhadap UUD 1945 bahwa negara hadir bagi semua kalangan masyarakat. 

 

Kedepannya kemandirian wirausaha terbentuk dan terlatih termasuk dari dalam Lapas maupun Rutan.

 

Dalam kunjungan tersebut, Kadiv Yankumham didampingi oleh Kepala Lapas Klaten, Ahmad Fauzi.

 

Nur Ichwan melanjutkan kegiatannya, dengan melakukan kunjungan ke Rutan Kelas I Surakarta.

 

Di UPT pimpinan Urip Dharma Yoga itu, Kadiv Yankumham juga meninjau Bengkel Kerja untuk melihat produk karya WBP yang berpotensi mendapatkan perlindungan Kekayaan Intelektual.

 

*Kanwil Jateng Komunikatif, Kompak dan Solid*
*Jateng PASTI Produktif*
*PASTI WOW*
*PASTI WBK*

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail