Kemenkumham Jateng Laksanakan Pemantauan dan Evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Brebes

IMG 20230715 104502 761

*Kemenkumham Jateng Laksanakan Pemantauan dan Evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Brebes*

Brebes - Pemantauan dan Evaluasi terhadap Desa/Kelurahan Sadar Hukum terus dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Terbaru yaitu menyasar Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kabupaten Brebes, Jumat (14/7).

Terdapat 1 Desa Sadar Hukum dan 1 Kelurahan Sadar Hukum yang dilakukan pemantauan dan evaluasi secara faktual untuk melihat kesesuaian data yang telah dikumpulkan atas pelaksanaan program Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Selain melihat kondisi faktual, Tim Penyuluh Hukum yang terdiri dari Penyuluh Hukum Madya, Dr. R. Danang Agung dan Rina Desy, Penyuluh Hukum Muda, Nurwita Kusumaningrum, Lily Mufidah dan Pandu Candra, serta Penyuluh Hukum Pertama, Rizky Novian memantau situasi dan kondisi pelayanan yang ada di Kantor Desa maupun Kelurahan seperti sarana pelayanan yang tidak dipungut biaya kepada masyarakat, sarana pojok baca, ruang konsultasi hukum, hingga peraturan desa yang berkaitan dengan peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Meskipun peresmian Desa/Kelurahan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum telah dilakukan di beberapa periode pemerintahan desa yang lalu, kami berharap terdapat konsistensi bahkan peningkatan kesadaran hukum di masyarakat melalui program Desa/Kelurahan Sadar Hukum,” ujar Dr. R. Danang.

Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Desa/Kelurahan Sadar Hukum didampingi pula oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Brebes. Di mana indikator pelaksanaan kegiatan didasarkan pada Dimensi Akses Informasi Hukum, Dimensi Akses Implementasi Hukum, Dimensi Akses Keadilan, dan Dimensi Akses Demokrasi dan Regulasi.


Cetak   E-mail