Kemenkumham Jateng Serahkan Surat Pencatatan KIK Kabupaten Pati

E049BE4A 5EB9 410C B7A2 30657A322A3B 

PATI - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, menyerahkan Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Kabupaten Pati, Senin (07/08)

 

Surat pencatatan tersebut diserahkan kepada Pj. Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro usai pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-700 yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Pati.

 

Ada 3 Surat Pencatatan KIK yang berikan pada kesempatan itu, yakni Nasi Gandul, Batik Bakaran Gandrung dan Tradisi Meron. 

 

Kadiv Yankumham mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Kanwil Kemenkumham Jateng terhadap perlindungan KIK milik daerah.

 

"Ini merupakan bentuk atensi, perhatian dan dukungan Kanwil Kemenkumham Jateng terhadap perlindungan Kekayaan Intelektual Komunal daerah di Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Pati," tutur Nur Ichwan selepas kegiatan.

 

"Kanwil selalu memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang ingin mendaftarkan dan melindungi Kekayaan Intelektualnya". 

 

"Kami siap untuk memberikan pendampingan secara menyeluruh, mulai dari sosialisasi, penyusunan dokumen hingga pendaftaran. Dan bukan hanya KIK, tapi juga Merek, Hak Cipta, Paten, Indikasi Geografis dan lain sebagainya," imbuhnya.

 

Kadiv Yankumham juga menilai, Kabupaten Pati memiliki potensi Kekayaan Intelektual yang luar biasa.

 

"Di sini (Kabupaten Pati), masih banyak potensi KI Komunal. Hanya memang masih belum diinventarisir secara menyeluruh oleh Pemerintah Kabupaten Pati," ulas Nur Ichwan.

 

"Setelah ini, kami akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan identifikasi dan inventarisasi potensi KI Komunal dan Personal yang ada di Kabupaten Pati," pungkasnya menutup keterangan.

 

Seperti pernyataan Kadiv Yankumham tersebut, Tim Kanwil Kemenkumham Jateng langsung melakukan pendataan terhadap potensi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Pati.

 

Sebelumnya, Kadiv Yankumham bersama Tim Kantor Wilayah mengikuti jalannya Upacara Hari Jadi Kabupaten ke-700.

 

Kegiatan itu, diikuti oleh jajaran dan oleh Forkopimda Kabupaten Pati.

@kemenkumhamri

#KumhamSemakinPASTI 


Cetak   E-mail