Menjaga Semangat Beribadah di Bulan Ramadan

IMG 20240318 WA0031

SEMARANG - Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat suci yang dianugerahkan Allah SWT kepada umat muslim. Sebagai seorang muslim, hendaknya dapat memanfaatkan bulan Ramadan dengan memperbanyak beribadah kepada Allah SWT.

Disampaikan pada Kultum Singkat Ba'da Dhuhur (Kusabad) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Ustaz Iqbal Baswedan mengajak para jamaah melaksanakan ibadah sunnah selain ibadah wajib pada bulan Ramadan, Senin, (18/03).

Menurut Ustaz Iqbal, mempelajari ilmu agama baik yang bersifat wajib maupun anjuran/sunnah harus didasari dengan niat untuk melakukannya dan niat untuk untuk melakukan kebaikan.

"Biasanya kita di awal bulan ramadan memiliki semangat luar biasa, namun mulai kendur di minggu-minggu terakhir bulan Ramadan," ujar Ustaz Iqbal.

Ustaz Iqbal melanjutkan bahwa untuk mengantisipasi turunnya semangat beribadah kepada Allah SWT, seorang muslim harus memiliki target selama bulan Ramadan.

"Paling tidak, kita harus memiliki target. Apa hal-hal yang sunah, hal-hal yang dianjurkan oleh Allah SWT kita laksanakan," jelas Ustaz Iqbal.

"Sebagai contoh bisa dengan mengkhatamkan Al-Quran, jika tidak sanggup bisa dengan tidak meninggalkan solat tarawih, jika tidak sanggup juga, bisa dengan memberikan makan kepada orang yang puasa," pungkasnya.


Cetak   E-mail