Safari Ramadan Eks-Karesidenan Semarang di Lapas Perempuan

IMG 20240318 WA0142

*Safari Ramadan Eks-Karesidenan Semarang di Lapas Perempuan*

 

SEMARANG - Ramadan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah diisi dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya yaitu dengan Safari Ramadan dalam mendapatkan keberkahan selama bulan suci Ramadan.

 

Kali ini, kegiatan yang juga sebagai program pembinaan keagamaan itu mengambil tempat di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, Senin (18/03).

 

Menunggu waktu berbuka, majelis yang terdiri dari Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala UPT Se-Eks Karesidenan Semarang, dan pegawai serta warga binaan pemasyarakatan (WBP) lapas mendengarkan lantunan ayat Al-Quran yang dibacakan oleh WBP.

 

Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustad Zaenal. Dalam tausiyah singkatnya, ia menyampaikan makna berpuasa yakni menuju ketaqwaan.

 

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," ujar Ustad mengutip surat Al-Baqarah 183.

 

Puasa seperti disyariatkan oleh Allah swt kepada hamba-Nya dapat mengubah diri kita menjadi pribadi bertaqwa. 

 

"Hasil dari puasa adalah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Jika akhlaknya baik pasti menjadi orang yang bertaqwa. Maka orang yang bertakwa pasti akan jadi pribadi mulia," ungkapnya.

 

Di akhir kegiatan safari ramadan hari ini ditutup dengan salat Isya dan tarawih bersama.


Cetak   E-mail