Simak Kultum Singkat Ba'da Dhuhur, Pegawai Kemenkumham Jateng Pelajari Adab-Adab Berpuasa

Picsart 24 03 19 14 32 29 688

*Simak Kultum Singkat Ba'da Dhuhur, Pegawai Kemenkumham Jateng Pelajari Adab-Adab Berpuasa*

 

SEMARANG - Dalam menjalankan ibadah puasa kita diharuskan menahan dahaga dan lapar dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun, tidak hanya hal itu saja yang perlu diperhatikan, ada adab-adab berpuasa yang diwajibkan dan dianjurkan oleh Allah SWT.

 

Disampaikan pada Kultum Singkat Ba'da Dhuhur (Kusabad) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Selasa (19/03), Ustad Ryan Rahman Hakim S.Pd menyampaikan adab-adab berpuasa khususnya di bulan Ramadan dibagi menjadi dua. Yakni adab yang diwajibkan dan adab yang dianjurkan.

 

“Hukumnya wajib bagi seorang yang berpuasa harus mengerjakan ibadah yang diwajibkan Allah, seperti menunaikan solat lima waktu,” ujar Ustad.

 

Ada pula kewajiban menjauhi hal-hal yang dilarang, seperti berdusta, gibah, adu domba, dll dengan cara menjaga lisan, pandangan, pendengaran, serta anggota badan dari hal-hal buruk.

 

Selain itu, ia menjabarkan adab-adab yang dianjurkan antara lain Hukum makan di akhir malam sebelum azan Subuh berkumandang, menyegerakan berbuka ketika azan Magrib, memperbanyak ibadah sunah, membaca alquran, hingga sedekah.

 

“Tidaklah sempurna puasa seseorang sampai ia melaksanakan adab-adab berpuasa,” tegasnya.


Cetak   E-mail