Keharusan Beribadah Kepada Allah SWT

a818598b 66ef 4d80 beab 93b67bc902f0

SEMARANG - Ibadah merupakan kebutuhan mutlak manusia karena dengan ibadah manusia akan nyaman dan tentram hidupnya. Manusia akan menjalani kehidupannya dengan hati tenang dan menyerahkan segala permasalahan hidupnya kepada Allah.

Masih dalam Kajian Singkat Ba'da Dhuhur (Kusabad), hari ini, Rabu (27/03), Ustaz Iqbal Baswedan, membahas tentang keharusan beribadah kepada Allah SWT.

Mengutip Surat Adz-Zariyat Ayat 56 yang memiliki arti "Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku", Ustaz Iqbal menegaskan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya dzat yang harus diibaahi.

"Arti beribadah secara bahasa adalah merendahkan diri dan menghinakan diri. Sementara itu, ibadah secara Islam adalah segala sesuatu yang diridhoi oleh Allah SWT, baik itu berupa ucapan ataupun perbuatan", jelas Ustaz Iqbal Baswedan di Masjid Al-Hikmah Kantor Wilayah.

Melanjutkan tausyiahnya, Ustaz Iqbal mengatakan bahwa kepemilikan Allah atas makhluk adalah mutlak. Oleh karena itu, semua makhluk yang ada di dunia ini tidak bisa berdiri sendiri.

"Ia (seluruh makhluk hidup) membutuhkan campur tangan Allah sebagai sang pemilik. Atas kepemilikan mutlak itu, seluruh makhluk harus mengikuti perintahnya dan menerima ketetapannya," katanya.

Mengakhiri tausyiahnya, Ustaz Iqbal memaparkan bahwa manusia tidak diperbolehkan memilah-milah aktivitasnya untuk Allah sebagian dan sebagian lainnya untuk yang lain.

"Seluruh aktivitas kita harus fokus kepada Allah SWT," pungkasnya.


Cetak   E-mail