Kajian Kamis Taqwa : Memahami Makna _Minal Aidin Wal Faidzin_

A9C851AE 63B3 4ACA 9384 0CB48D59DC4A

 

SEMARANG – Setelah melewati Idul Fitri 1445 Hijriyah, Ustaz Kholis Mujahid mengajak jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah untuk memahami makna dari _minal aidin wal faidzin_ kala mengisi ceramah pada kegiatan Kamis Taqwa (18/04), di Masjid Al Hikmah.

 

“Minal aidin wal faizin merupakan harapan dan doa yang diucapkan ketika perayaan Idul Fitri itu yang mengandung makna kembali ke Fitrah, kembali kepada kesucian dan doa semoga kita termasuk orang yang meraih kemenangan (melawan hawa nafsu),” ujar ustaz Kholis.

 

Selanjutnya Ustaz Kholis menjabarkan ilmu terkait Adab terhadap Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dimana Allah Subhaanahu wa Ta'ala memerintahkan kita memiliki adab yang tinggi terhadap Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam.

 

“Adab kepada Rasulullah yang pertama ialah Allah meminta kepada orang-orang beriman  untuk menghormati dan menaati Rasulullah seperti yang tertuang pada QS. Al Ma'idah: 92, adab selanjutnya ialah Mendahulukan kecintaan pada beliau,” sambungnya.

 

“Selanjutnya ialah membenarkan setiap sabdanya dan mencintainya di atas kecintaan kepada diri sendiri, anak, ayah, dan manusia seluruhnya,” lanjutnya.

 

Allah SWT juga mewajibkan seluruh mukmin untuk menghidupkan sunnahnya dan menampakkan syariatnya serta dan meneruskan da’wah beliau serta menunaikan wasiatnya. 

@kemenkumhamri

#KumhamSemakinPASTI


Cetak   E-mail