Di Lapas Magelang, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Jabarkan Resep Kesuksesan ASN

razil

MAGELANG - Mengambil Apel Pagi Penguatan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lembaga Kelas IIA Magelang, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Razilu menjabarkan resep untuk meraih kesuksesan sebagai Apatur Sipil Negara (ASN) dalam kerangka Pembangunan Zona Integritas, Kamis (13/08).

Selain mengulangi esensi dari Pembangunan Zona Integritas dan korelasinya dengan pelaksanaan tugas dan fungsi, seperti yang Ia sampaikan pada kegiatan serupa di aula Kantor Wilayah, Razilu juga merampingkan rumusan kompetensi yang harus dimiliki ASN.

(Baca:https://jateng.kemenkumham.go.id/pusat-informasi/artikel/4927-staf-ahli-menkumham-bidang-ekonomi-mau-ada-penghargaan-atau-tidak-membangun-zona-integritas-adalah-kewajiban)

Dalam arahannya, pria yang akan memasuki usia 55 tahun ini, menjelaskan kedudukan ASN sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Aparatur Sipil Negara itu adalah profesi. Sebagaimana dokter itu adalah profesi, jadi harus bekerja secara profesional," katanya mengawali materi ini.

Ia kemudian membahas lebih jauh mengenai 3 fungsi ASN. Dimana fungsi yang pertama adalah sebagai pelaksana kebijakan.

Untuk fungsi yang kedua, ASN sebagai pelayan publik, dirinya memberikan catatan khusus.

"Kita adalah pelayan publik di bidang masing-masing. Fungsi kita sebagai pelayan. Yang kita layani adalah raja," tegasnya.

Masih menurutnya, sudah seyogyanya bila masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Dan fungsi Aparatur Sipil Negara yang ketiga adalah sebagai perekat bangsa.

Hadir pada apel pagi ini, Kepala Kantor Wilayah, Priyadi dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi.

Sementara peserta apel adalah seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Magelang.

razil2


Cetak   E-mail